NOTULEN 7th SHARON IHVO “Tips & Trik Lolos Pendanaan Proposal Kegiatan Sosial”


Hari, Tanggal : Rabu, 14 Juni 2017
Waktu : 16.00 - 18.00 Wita

Pemateri : Megah Andriany, S.Kp., M.Kep., Sp.Kom.
Moderator 1 : Salmiah La Ongke
Moderator 2 : Trini Andini Muhtar

Megah Andriany atau yang lebih sering disapa Mega saat ini sedang melangsungkan studi S3 di Faculty of Nursing Prince of Songkla Univ Thailand. Dan bekerja sebagai staf pengajar di Departemen Ilmu Keperawatan FK UNDIP Semarang bagian Keperawatan Komunitas (di luar RS).

Kak Mega beberapakali telah mendapat pendanaan pengabdian dari DIKTI dan sekali mendapat grant penelitian dari asosiasi pendidikan ners. Kak Mega juga sering ikut konsulat dan aktif di PPI Thailand simpul kampus, pernah menjadi KPPSLN saat pemilu dan ikut kegiatan asosiasi mahasiswa internasional kampus.

Berkaitan dengan tema kita kali ini, kegiatan-kegiatan yang umumnya diberikan pendanaan melalui proposal seperti kegiatan penelitian, program-progam kegiatan untuk masyarakat, dan lomba kreativitas atau karya ilmiah untuk mahasiswa.

Pemberi dana ada yang berasal dari dalam negeri seperti pemerintah pusat (kementrian) atau pemerintah daerah setempat dan ada pula dari luar seperti dari lembaga-lembaga internasional semisal WHO, Global Fund, KNCV, USAID atau bisa juga dari perusahaan-perusahaan yang mengadakan award.

Untuk mendapat dana melalui proposal ini, kita harus aktif mencari dengan menghubungi pemberi dana dan menanyakan ada peluang pendanaan atau tidak. biasanya pihak-pihak tersebut mempublish awardnya dan mereka punya timeline sendiri misalnya batas waktu pengumpulan proposal, waktu pengumuman, pelaksanaan hingga laporan akhir, rata-rata ada yang rutin tahunan.

Tips dan Trik mendapat pendanaan dari kak Mega:

- Ikuti panduan yg dikeluarkan oleh pemberi grant secara detail termasuk pengetikan, penulisan
- Pastikan proposal yg kita buat sesuai dengan tujuan pemberi award/grant (eligible)
- Judul harus unik, eye chatching
- Keluaran harus terukur
- Pastikan orang yg membaca harus memahami proposal kita.  Kita bs meminta teman untuk mereview proposal sebelum diajukan dan meminta masukan (hal2 yg kurang jelas atau untuk perbaikan)
- Pelajari kriteria penilaian reviewer
- Luruskan niat untuk mengajukan pendanaan kpd Allah sbg sumber rizki atau menolong orang lain
- Pantang menyerah, bila proposal blm diterima,  pelajari masukan dan reviewer untuk pengajuan selanjutnya (biasanya dpt diajukan thn selanjutnya)

Ada manfaat yang didapatkan yaitu tambahan dana, pengalaman, semakin memahami fenomena,  dpt menambah publikasi, menambah nilai track record (kredibilitas pengaju) untuk pengajuan proposal selanjutnya, angka kredit fungsional.


 Q & A

1. Kidung Galih Lintang Anggraeni – Universitas Lampung : kak bagaimana cara mendapatkan pendanaan itu, saya sedang melakukan penelitian tetapi terkendala dengan dana

Jawab : Untuk kidung perlu direview dari item yg sy sebut di atas. Biasanya reviewer akan melihat sisi fisik proposal kita.  Apakah sesuai aturan atau tidak. Misal dari warna cover,  ukuran kertas,  jml halaman. Bila itu ga ditaati, kita bs ga lewat dari seleksi awal.  Sebagus Apapun isi proposal kita. Kemudian teknik pengetikan,  bila amburadul editing dan EYD nya, reviewer udah malas baca. Jadi jangan sepelekan hal2 kecil ya teman2. Pastikan reviewer mengerti apa yg kita tulis dan jelas struktur program kita.

2. Khaldun Hidayat – Univesitas Hasanuddin : 1. Apakah pendanaan dalam setiap pengajuan proposal yang berpeluang hanya dari bakti sosial. Kegiatan2 pentas seni punya peluang atau tidak? 2. “Dulu bbrp kali dpt pendanaan pengabdian  dari DIKTI dan sekali dapat grant penelitian dari asosiasi pendidikan ners” Itu dalam lingkup perseorangan. Kalau misalnya mengajukan proposal untuk didanai dalam kelompok sama atau tidak? 3. bisa di jelaskan lebih perusahan mana yang biasa kakak sudah lolosi dan cara mendapatkan informasi mengenai pendanaannya gmn?

Jawab : Pertanyaan 1: ada, biasanya ada untuk pertukaran pelajar or kebudayaan. Harus cari info di lembaga terkait, Misal dinas pariwisata. Pertanyaan kedua: yg dari dikti semua tim karena mewajibkan min. 2 orang.  Yg dari asosiasi pendidikan ners itu sendiri walau jg bs tim. Pertanyaan ketiga: sy blm pernah mengajukan pendanaan ke perusahaan.  Tp sy pernah tahu ada dari nutricia untuk penelitian di bidang gizi kemasyarakatan.

3. Bila – Politeknik Perkapalan Negei Surabaya : Angka kredit fungsional itu apa ya kak? jk saya mengirimkan 1 judul proposal ke banyak pihak apa boleh?

Jawab : Angka kredit fungsional itu angka kredit untuk kenaikan karir. Nanti klo kerja fungsional (pelayanan) biasanya butuh poin untuk naik jabatan.  Pengajuan ke beberapa institusi, klo ga ada ketentuan ya klo menurut sy boleh diajukan saja diajukan.  Toh kita ga tau mana yg ketrima.

4. Dini : kbetulan saya mahasiswa keperawatan mba, klo boleh tau asosiasi pendidikan ners yy bagaimna biasa memberikan grant penelitian mba?

Jawab : Klo di assosiasi pendidikan ners blm ada grant untuk mhs.  Ajukan aja ke dikti dalam program kreativitas mahasiswa.  Sy pernah goal 2 proposal mhs bimbingan sy tentang travel nurse dan test denver untuk guru PAUD. Ingat cari hal2 unik ya. Klo sy waktu mhs jg dapat untuk program kreativitas mhs dlm bentuk terapi bermain.  Banyak dari keperawatan yg unik dan blm dieksplor. Program kreativitas mhs ada bbrp bentuk ada yg penelitian,  ada yg kewirausahaan ada yg gagasan tertulis.

5. Husni Awal – Universitas Hasanuddin : Kak saya mau bertanya bagaiman trik khusus ketika pengajuan proposal kegiatan sosial di pemerintah daerah karena terkadang tidak tidak bisa tembus.

Jawab : untuk pemerintah banyak hal yg jd hambatan. Sy pernah ngajuin ke pemkot dan ternyata proposal saya hilang. Akhirnya sy lewat jalur minta memo dari anggota dewan. Ingat channel itu penting. Dan sering2 follow up sampe mana perjalanan proposal saya krn banyak birokrasi di pemerintahan. Klo misal proposal kita ditolak pelajari alasan penolakannya. Jd bs menjadi pembelajaran kita

Pesan dan Kesan Pemateri :
Saya senang sekali dg semangat anak muda untuk trs berkarya bagi bangsa.  Teruslah berkarya dan bermanfaat bagi sesama. Jangan takut gagal, banyak orang hebat yg karyanya ditolak berkali2. Jadi tetap berkarya dan berdoa. Luruskan niat bahwa kita meminta ke Allah bukan ke institusi itu hehe.


Untuk teman  teman yang ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang komunitas kami (Indonesia Health Volunteer). Silahkan add dan kunjungi akun page kami :
OA Line : @pbw8720n
FB : Indonesia Health Volunteer
IG : Indonesiahealthvolunteer
Email : indonesiahealthvolunteer@gmail.com

#SalamKesehatan
#IHVO
#MudaProduktif
#MudaMenginspirasi

Notulis : Pratiwi Nurul Imansari

Komentar